Saturday, February 1, 2014

Analog to Digital Converter (ADC) pada Mikrokontroler atmega

Hai sobat control and innovation

Pada tulisan Membuat Thermometer digital dengan sensor LM 35 dan Membuat voltmeter digital menggunkan ADC internal mikrokontroler atmega 8535 kita telah membuat aplikasi yang menggunakan ADC (Analog to digital converter).

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ADC (analog to digital converter), ADC merupakan suatu cara dalam mengolah data analog menggunakan perangkat digital, jadi data yang awalnya berupa data analog dikonversi oleh ADC menjadi data digital, dan data digital inilah yang nantinya akan diolah oleh mikrokontroler untuk di proses.

Dalam  merancang  perangkat  sistem  kontrol  berbasis  Mikrokontroler, diperlukan suatu interface antara  besaran analog yang dibaca oleh sensor dengan Mikrokontroler, sebab Mikrokontroler hanya  mampu mengolah  data  dalam bentuk  digital sehingga diperlukan perangkat yaitu analog to digital converter (ADC). Agar hasil pembacaan suhu yang terukur dapat mencapai rentang suhu pada obyek prektek, maka perlu diatur tegangan acuan eksternal (Vref). Tegangan acuan  eksternal berfungsi menentukan besarnya resolusi ADC dan dapat diatur  dengan memberikan referensi rangkaian eksternal Vref  pada  modul ATmega. Rangkaian tegangan acuan eksternal yang digunakan adalah sebagai berikut:

Analog to Digital Converter (ADC) pada Mikrokontroler atmega

Vreffpin=2.28Volt



Tegangan  acuan  sebesar  Vreff=2,283  volt  dihasilkan  dengan  memutar  variabel resistor 5Kohm.
Contoh:
Agar hasil pembacaan suhu yang terukur dapat mencapai rentang suhu pada obyek prektek, maka perlu diatur tegangan acuan eksternal (Vref).

Analog to Digital Converter (ADC) pada Mikrokontroler atmega

Besar penguatan rangkaian noninverting adalah:

A = 1+(Rf/Ri) = 1+(R2/R1)
    = 1+(12K/10K) =1+1.2
    = 2,2 (terukur 2,23 kali) 
 
Vout LM35 = Suhu * 10 mV
ADC = (Vout LM35 x Resolusi ADC) / Vref 

Vout adalah tegangan keluaran LM35 dan Vref adalah tegangan acuan yang digunakan  oleh  tegangan  acuan  eksternal  modul  ATmega32.  Jika  menggunakan tegangan acuan 2,283 Volt eksternal maka tingkat keluaran ADC untuk 91,5 derajat Celsius dapat dihitung sebagai berikut: 

ADC = ((91,5 x 10mv) x 2,23 x 1024) / 2,283 = 915,2

Vreff=2,283 volt

Dengan pembagian hasil dengan 10, sehingga didapatkan 91,5, ini adalah nilai temperatur yang tepat yang terukur oleh sensor.
  

No comments:

Post a Comment