Monday, January 27, 2014

Menghidupkan led dengan push button menggunakan mikrokontroler atmega 8535


Hai sobat control and innovation
Membuat berbagai macam aplikasi dan manipulasi program menggunakan mikrokontroler merupakan sesuatu yang mengasyikkan tentunya. dan salah satu mikrokontroler yang cukup populer digunakan saat ini adalah mikrokontroler atmega 8535 dan compiler nya bascom avr (basic compiler avr). dan untuk belajar mikrokontroler dewasa ini dapat dengan praktek menggunakan hardware / perangkat keras mikrokontroler secara langsung atau dengan simulator mirkokontroler yaitu proteus.
Pada percobaan kali ini kita akan mencoba untuk membuat rangkaian dan program Menghidupkan led dengan push button menggunakan mikrokontroler atmega 85355 dan program menggunakan bahasa basic dengan compiler bascom avr.

Program ini akan menghidupkan led berdasarkan tombol push button mana yang ditekan, jika push button 1 ditekan maka led 1 akan hidup, jika tombol push button 2 yang ditekan maka led 2 akan hidup, dan begitu seterusnya.
Pertama, kita buat rangkaian menggunakan proteus seperti dibawah ini, satu buah mikrokontroler atmega 8535, 8 buah led dan 8 buah push button.
Kedua, kita buat listing program menggunakan bascom avr:


$regfile = "8535def.dat"
$crystal = 1000000

Config Portb = Output
Config Portd = Input
Portd = &HFF
Do

Portb = Pind


Loop
End




Ketiga, jalankan program dan hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Menghidupkan led dengan push button menggunakan mikrokontroler atmega 8535
 
Penjelasan rangkaian:
Tiap - tiap led dihubungkan pada portB pada mikrokontroler, dan kesemua led dihubungkan ke vcc, jadi rangkaian diatas berupa common anoda, yang berarti port - port mikrokontroler bertindak sebagai ground agar led berjalan dan tiap - tiap push button dihubungkan ke portD mikrokontroler dan sisi lainnya dibuhungkan ke ground, artinya rangkaian push buttonnya berupa common katoda yang berarti jika push button ditekan maka port mikrokontroler atmega 8535 yang terhubung di push button berlogika 0.
Penjelasan program:
Karena rangkaian led  berupa common anoda maka led akan hidup ketika port output bernilai 0, program utama diatas adalah Portb = Pind, maka lampu akan hidup menyusuaikan logika yang ada pada input push button yang terhubung pada portD.
Selamat berkarya sobat control and inovation

1 comment: